Senin, 01 Oktober 2012

Bahan Pakan Ternak yang Mengandung Energi 1

* Dedak dan bekatul  :
 
          Proses penggilingan padi menjadi beras akan menghasilkan limbah  6-11 % dedak, 2-4 % bekatul, FAO telah membedakan pengertian dedak dan bekatul. Dedak merupakan hasil samping dari proses penggilingan padi yang terdiri dari lapisan luar butiran beras (perikarp dan tegmen) serta sejumlah lembaga beras. Sedangkan bekatul, terdiri dari lapisan dalam butiran beras, yaitu lapisan aleuron/kuit ari, serta sebagian kecil endosperma berpati.
Dalam proses penggilingan padi di indonesia, dedak dihasilkan pada proses penyosohan pertama, sedangkan bekatul pada proses penyosohan kedua.

Gabah
|
pengupasan kulit
| –>> sekam
Beras pecah kulit (whole rice)
|
penyosohan pertama
| –>> dedak
Penyosohan kedua
| –>> bekatul
Beras sosoh (refined rice)

* Tapioka  :
 
           Tapioka adalah tepung yang diperoleh dari umbi akar ketela pohon atau dalam bahasa indonesia yaitu singkong.Bahan pangan ini merupakan pati yang diekstrak dengan air dari umbi singkong (ketela pohon). Setelah disaring, bagian cairan dipisahkan denganampasnya.Cairan hasil saringan kemudian diendapkan. Bagian yang mengendap tersebutselanjutnya dikeringkan dan digiling hingga diperoleh butiran-butiran pati halus berwarna putih, yang disebut tapioka.
Tepung singkong diperoleh dengan cara menggiling umbi singkong yangtelah dikeringkan (gaplek) dan kemudian diayak hingga diperoleh butiran-butirankasar dalam ukuran tertentu.

*Jagung Giling/flake jagung :
 
Flake Jagung adalah pakan ternak yang berbentuk jagung yang disediakan dalam bentuk pecahan tipis. Flaking adalah proses pemipihan.
Berbagai biji-bijian sebelum diberikan kepada ternak biasanya melalui proses mekanik antara lain dengan diroller, digiling, dan dicrimper. Pada proses rolling digunakan mesin roller, mesin tersebut memproses biji-bijian menjadi bentuk flake. Biji-bijian biasanya juga digiling menggunakan hammer meal. Hammer meal menggiling dengan memukul biji-bijian sampai ukurannya cukup untuk melewati saringan. Ukuran hasil saringan biji-bijian dapat ditentukan sesuai dengan keinginan. Proses mekanik pada biji-bijian biasanya direkomendasikan untuk :
1. Ternak-ternak yang sangat muda
Sebelum giginya tumbuh sempuma, ukuran biji-bijian biasanya diperkecil dengan cara digiling
2. Ternak-ternak yang sangat tua
Gigi pada ternak yang tua biasanya sudah jelek, biji-bijian biasanya juga digiling;
Biji-bijian yang sudah dalam bentuk flake lebih disukai ternak sapi daripada biji-bijian yang digiling. Flake sebaiknya diberikan untuk ternak sapi diatas umur 6 bulan kecuali bila kandungan roughage ransum sangat rendah. Flake juga cocok untuk pakan kuda dan domba.

"Saya Tunggu Komentar dan Saran Anda"








 


1 komentar:

  1. https://www.patreon.com/posts/bagaimana-cara-37018590

    Cara Membudidaya Ayam Arab bagi yang belum tahu cara membudidaya ayam arab. Tajen Online akan membagikan beberapa pengalaman dengan berbagai langkah yang bisa anda pahami di >>> https://tajenonline.live

    Nonton Bareng Live Streaming Ayam Laga GRATIS.
    Tajen Online
    Ayam Bangkok
    Ayam Aduan
    Sabung Ayam

    BalasHapus